Perkembangan Teknologi AI di Inonesia


Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah teknologi komputer merepresentasikan kecerdasan manusia melalui sistem dan program yang sudah diatur berbasis internet. Dengan kata lain, teknologi ini memungkinkan sistem untuk bisa berpikir, bertindak, dan berperan dalam pengambilan keputusan layaknya manusia.

Dengan begitu, perusahaan bisa memiliki kontrol lebih baik terhadap kinerja teknologi, mengurangi human error, dan tentunya mempercepat proses produksi. Cepatnya sistem produksi tersebut tentu akan memengaruhi performa pelayanan bisnis kepada customer. Semakin cepat suatu barang diproduksi, semakin besar juga kesempatan perusahaan untuk mendapat pendapatan lebih tinggi. 

Perkembangan AI menjadi lebih pesat seiring banyaknya pengguna internet. Tercatat ada 196,7 juta atau lebih dari 70% populasi Indonesia sudah menjadi pengguna akses internet pada kuartal II/2020, yang membuat data AI semakin berkembang.

Untuk memproses jumlah data yang luar biasa besar atau massif, memang diperlukan kapasitas atau computing power yang mumpuni. Perkembangan teknologi cloud computing yang dikombinasikan dengan AI membuat AI tidak lagi menjadi hal yang mahal atau sulit dijangkau.

Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan rintisan atau startup yang memanfaatkan teknologi ini dalam menunjang kegiatan bisnisnya. Hal ini tentu saja disebabkan oleh semakin tersedia dan terjangkaunya aspek penunjang yang dibutuhkan untuk menyertakan artificial intelligence dalam kegiatan bisnis. Tidak lagi hanya tersedia untuk negara maju atau perusahaan besar saja.

  • Dampak yang ditimbulkan untuk Bisnis Anda

Berkembangnya teknologi AI bisa diibaratkan seperti dua sisi koin yang berbeda. Di satu sisi, teknologi ini menawarkan kemudahan dan efisiensi aktivitas bisnis khususnya dalam peningkatan pelayanan kepada customer/klien. AI bisa berikan banyak keunggulan berupa pengurangan biaya operasional hingga pengurangan penggunaan sumber daya manusia.

Akan tetapi, di sisi satunya, teknologi ini juga bisa menjadi bumerang bagi sebuah perusahaan. Mengapa hal ini bisa terjadi? Walaupun keseluruhan aktivitas bisnis bisa dilakukan secara digital, ada beberapa pekerjaan atau bidang yang tetap harus membutuhkan tenaga manusia. Dengan begitu, perusahaan tidak bisa lepas dari peran manusia secara seimbang untuk menjalankan operasional bisnis. 

  • Manfaat untuk bisnis Anda

Secara umum, teknologi AI memberikan banyak manfaat bagi operasional bisnis seperti yang bisa dilihat pada penjelasan berikut ini:

Teknologi ini memungkinkan otomatisasi operasional bisnis berupa tugas-tugas ringan hingga berat yang dilakukan secara rutin oleh perusahaan. Dengan begitu, perusahaan bisa fokus pada bidang lain untuk mempercepat waktu proses tugas dan layanan bisnis.

Misalnya, sekarang ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan teknologi chatbot. Pada dasarnya, chatbot ini berperan menggantikan manusia yang bertugas untuk menjawab pertanyaan seputar kebutuhan mereka. Penggunaan SDM terkadang bisa menimbulkan risiko human error yang akan memengaruhi performa layanan. Dengan teknologi ini, pelanggan bisa dilayani dengan cepat dan efisien secara otomatis. 

Manfaat selanjutnya dari teknologi ini adalah adanya adanya efisiensi dalam proses produksi bisnis Dengan menggunakan sistem komputer atau robot, analisis data perusahaan bisa dilakukan secara real-time.


Lebih baru Lebih lama