Cara mengembalikan file penting yang hilang atau Terhapus di Windows 11


Mengembalikan file yang hilang di Windows 11 dapat menjadi tugas yang membingungkan, tetapi ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mencoba mengembalikan file tersebut. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

Cek Recycle Bin:

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa Recycle Bin. Kadang-kadang file yang dihapus secara tidak sengaja masih ada di Recycle Bin. Jika Anda menemukan file yang hilang di sana, klik kanan pada file tersebut dan pilih "Restore" untuk mengembalikannya ke lokasi asal.

Gunakan Fitur Versi Sebelumnya:

Windows memiliki fitur yang disebut "Versi Sebelumnya" yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang hilang. Caranya adalah:

  • Klik kanan pada folder tempat file tersebut seharusnya ada.
  • Pilih opsi "Restore previous versions."
  • Pilih versi yang sesuai dan klik "Restore."

Gunakan Program Pemulihan File:

Jika Anda tidak menemukan file yang hilang di Recycle Bin atau dengan fitur "Versi Sebelumnya," Anda dapat mencoba menggunakan program pemulihan file pihak ketiga. Beberapa contoh program yang dapat membantu Anda mengembalikan file adalah Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, atau MiniTool Power Data Recovery.

Menggunakan File History:

Jika Anda telah mengaktifkan File History di Windows 11 sebelum file hilang, Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk mengembalikan versi sebelumnya dari file tersebut. Caranya adalah:

  • Buka "Settings" > "System" > "Storage."
  • Di bagian "More storage settings," klik "Back up your files with File History."
  • Cari file yang hilang dan kembalikan versi sebelumnya.

Cari di Tempat Lain:

Pastikan Anda mencari file di folder lain atau perangkat penyimpanan eksternal yang mungkin telah Anda gunakan untuk menyimpan file tersebut.

Pertimbangkan Penggunaan Backup:

Untuk mencegah kehilangan data di masa depan, selalu disarankan untuk melakukan pencadangan rutin. Anda dapat menggunakan Windows Backup and Restore atau solusi pencadangan pihak ketiga.

Perlu diingat bahwa peluang untuk mengembalikan file yang hilang tergantung pada seberapa cepat Anda bertindak dan seberapa sering Anda menjalankan pencadangan data. Semakin cepat Anda mencoba mengembalikan file, semakin besar peluang Anda untuk berhasil.

Terakhir, hindari menyimpan file yang baru di lokasi di mana file yang hilang berada, karena ini dapat menggantikan data yang hilang. Lebih baik simpan file baru di lokasi yang berbeda.

Lebih baru Lebih lama